Harga Honda Jazz dan Spesifikasi – Sukses di pasar global dengan pangsa pasar lebih dari 150 negara, akhirnya membuat Honda berinisiatif memasukkan hatchback lima pintu yang ketika itu belum terlalu booming di Indonesia. Mobil yang di dunia terkenal dengan nama Honda Fit tersebut dipasarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai tahun 2004 untuk mengisi kekosongan varian hatchback kelas menengah. Produk Honda Fit-pun diboyong ke Tanah Air dengan nama Honda Jazz yang menjadi produk debut hatchback Honda di Indonesia. Sebelum merilis Jazz untuk pasar Indonesia, saat itu memang belum ada pabrikan lain yang mengusung konsep city car berbodi besar. Hal ini memang wajar karena pada medio tersebut varian sedan lebih digemari. Di luar prediksi, animo masyarakat sendiri cukup tinggi, dengan sanggup meraih penjualan tertinggi hingga akhir tahun 2012 untuk Honda. Sementara itu, sebagai kendaraan mobil berstandar global, Honda Jazz juga menawarkan banyak pengalaman baru untuk pengendara mulai dari spesifikasi mesin berteknologi I-DSi, kemudian juga ruang kabin yang lapang dan menjanjikan kenyamanan tinggi untuk pengguna lewat fleksibilitas ruang serta desain eksterior yang stylish dan dinamis. Melihat beberapa kelebihan di atas, pastinya tidak mengherankan jika Honda Jazz sanggup mencatatkan penjualan hingga lebih dari 5,16 juta unit di seluruh dunia. Angka tersebut merupakan catatan yang cukup fantastis untuk penjualan sebuah varian mobil.
honda jazz
Honda Jazz
Untuk pasar Indonesia sendiri, perjalanan Honda Jazz tak luput dari peranan anak muda yang menjadi segmen prioritas dari Honda. Dalam perjalanan satu dekade, jika berbicara tentang Honda Jazz kita tak dapat menampik jika mobil ini merupakan salah satu mobil yang cukup banyak diakui kualitasnya oleh masyarakat. Buktinya tentu berupa penjualan hingga berhasil meraih lebih dari 74 penghargaan bergengsi di Tanah Air. Selain itu sejak generasi pertama, Honda Jazz selalu menawarkan beragam spesifikasi mumpuni, mulai dari mesin hemat bahan bakar berkapasitas 1.500 cc, hingga banyak inovasi yang diperbarui untuk generasi baru Honda Jazz yang tiap periode selalu tampil lebih segar. Honda Jazz terbaru juga sudah didukung dengan transmisi CVT modern untuk menyempurnakan varian Jazz bertransmisi manual. Tak hanya sekedar CVT, namun spesifikasinya sendiri sudah mengusung teknologi terbaru dari Honda lewat Earth Dreams Technology dan G-Design Shift untuk menghasilkan performa lebih responsif namun tetap irit bahan bakar. Kemudian pada sektor keselamatan juga tidak perlu diragukan lagi, karena Honda Jazz terbaru sudah dilengkapi dengan struktur rangka bodi G-CON + ACE, Isofik & Tether berfungsi untuk memberikan tingkat keamanan lebih maksimal kepad pengemudi dan penumpangnya. Lalu ada juga sistem pengereman yang sudah dilengkapi dengan fitur ABS + EBD. Selanjutnya juga ada pretensioner with load limiter seatbelt, Dual Front SRS Airbags, dan pedestrian protection yang ada pada Honda Jazz ini.. Nah itu baru segelintir kelebihan dari All New Jazz yang kini sudah masuk ke ke generasi ketiga. Jika ingin melihat kelebihan lain yang ditawarkan mobil hatchback ini, simak ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda Jazz pada segmen-segmen di bawah ini.
mobil honda jazz

Review Honda Jazz

Eksterior

Desain Bodi Aerodinamis dan Semakin Sporty
Seperti biasa, kita akan mulai membedah spesifikasi Honda Jazz dari sisi eksteriornya terlebih dahulu. Kali ini, Honda mengambil tema “It’s Cool, It’s You” untuk generasi ketiga Jazz ini. Tema “cool” atau keren akan langsung bisa kita temui pada sisi eksterior All New Jazz. Pada bagian fascia depan, Honda Jazz generasi terbaru ini tampil dengan wajah lebih segar lewat head lamp berbentuk sipit yang ditempatkan diujung kanan dan kiri. Lampu utama berteknologi LED itu dirancang dengan bentuk sipit dan sangat stylish. Bergerak pada desain gril depan Honda Jazz, desain grill melengkung dengan motif black doff single frame semakin mempercantik tampilan mobil ini. Untuk lampu kabutnya sendiri juga berteknologi LED dengan tambahan Position Lamp dan dirancang dengan cukup mencolok terbingkai ring bercorak karbon. Sementara itu desain depan yang modern dari Honda Jazz disempurnakan dengan kehadiran bumper depan yang dikonsep dinamis lewat garis bertingkat yang tegas. Beralih untuk sektor desain dari samping, tampak kesan aerodinamis berkat kaca mobil yang dibuat menyempit ke belakang dan lekukan garis body yang tajam. Sementara itu, desain belakang Honda Jazz sendiri menganut konsep desain hatchback modern lewat stop lamp LED rear combination yang dirancang kompak mengikuti alur lekuk body. Kesan sporty juga didapatkan lewat tambahan aksesoris seperti sporty tailgate spoiler serta side under spoiler (New Jazz RS), yang juga ditutup dengan penggunaan lampu spion elektrik dengan turning signal (New Jazz RS). Untuk semakin menambah daya tarik desain, pada varian Honda Jazz anda juga akan menemui fitur canggih seperti Auto Leveling Headlight, yaitu teknologi pangatur ketinggian sorot lampu dan Green Glass untuk menangkal sinar UV yang tersedia di semua tipe. Kesimpulannya, spesifikasi Honda Jazz pada bagian eksterior kali ini benar-benar menyuguhkan karya masterpiece Honda yang akan semakin meningkatkan kepercayaan diri pengemudinya.
spesifikasi honda jazz

Interior

Interior Mewah Dilengkapi Segudang Fitur Modern Berikan Kenyamanan Esktra
Selain menjanjikan sektor interior yang mumpuni, spesifikasi Honda Jazz juga menawarkan desain interior yang berkualitas lewat penggunaan material kelas atas. Untuk dashboard dan kabinnya sendiri didominasi dengan warna hitam elegan, dengan struktur panel yang tertata sempurna. Mulai dari dashboard yang lengkap dengan panel instrumen seperti panel Cruise Control untuk Honda Jazz semua tipe, lalu ada fitur Advance Audio-Video System Touchscreen, One Push Ignition System, serta Audio Steering Switch yang hadir untuk Honda Jazz RS. Semua fitur pada dashboard tersebut akan menyempurnakan tata letak setir kemudi yang dirancang dengan desain dengan aura lebih sporty. Selain itu, di bawah-depan lingkar setir kemudi ditempati oleh speedometer yang dibangun dengan iluminasi atraktif dan sudah terdapat Eco-Assist untuk New Honda Jazz semua tipe. Fitur tersebut berfungsi untuk memberikan informasi secara real time bagi pengemudi mengenai konsumsi BBM dengan pola indikator warna. Kemudian untuk kabinnya sendiri patut diacungi jempol karena material yang digunakan merupakan material berkualitas yang ekslusif dan semua kabin sudah didukung dengan seatbelt. Selain itu pada kabin Honda Jazz sendiri mengusung teknologi ultra seat di mana teknologi ini memiliki 3 model pelipatan kursi belakang mulai dari rata lantai, tall mode hingga kursi depan yang dapat direbahkan menjadi tempat tidur.  Sementara untuk bagasinya, tersedia bagasi menganut model trunk cappacity yang dikonsep untuk dapat memberikan kelegaan bagasi hingga 363 liter yang mana bagasinya adalah paling luas di kelasnya. Jadi, selain desain eksterior yang cool abis, spesifikasi Honda Jazz pada bagian interior juga didesain dengan konsep yang sangat istimewa.
spesifikasi mobil honda jazz

Dimensi

Dimensi Khas Compact Hatchback Didukung oleh Suspensi Berkualitas
Beralih pada bagian dimensi, secara kasat mata jelas kita dapat menyimpulkan jika hatchback Honda ini memiliki dimensi yang cukup ramping. Untuk kisaran ukurannya sendiri, spesifikasi Honda Jazz memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi mobil yang berkisar pada 1.524 mm. Ukuran ini merupakan dimensi yang sangat ideal untuk sebuah hatchback. Sedangkan jika melihat ukuran bodinya saja, jelas mobil ini lebih cocok jika digunakan untuk kendaraan mobilitas sehari-hari, bukan sebagai kendaraan multifungi. Pada bagain suspensinya sendiri, untuk mendukung stabilitas berkendara yang maksimal, Honda Jazz sudah dibekali dengan suspensi berkelas lewat suspensi depan MacPherson Strut dengan per keong dan suspensi belakang berjenis H-Shape Torsion Beam. Sistem suspensi pada New Jazz ini dikombinasikan dengan sistem peredaman kejut yang sangat optimal untuk melibas jalanan. Bagian pengendalian kemudi Honda Jazz juga terjamin sempurna berkat penerapan kemudi berteknologi Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS). Untuk pengeremannnya, pada rem depan sudah menganut rem cakram berventilasi dan rem belakang berupa drum. Istimewanya lagi, untuk semua tipe Honda Jazz sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS plus EBD yang menjamin kontrol traksi lebih terjaga. Sedangkan pada bagian kaki-kakinya, Honda All New Jazz akan berbeda antara satu sama lain di mana untuk spesifikasi Honda Jazz tipe A, S, dan S CVT dijejali dengan velg diameter R15 dibalut ban ukuran 176 /65. Lantas untuk New Jazz RS, RS CVT, serta All New Jazz RS Limited Edition sudah dilengkapi dengan ukuran kaki yang lebih gambot lewat velg R16 dibalut ban karet ukuran 185/55.
harga mobil honda jazz

Mesin

Mesin 1.5 L SOHC i-VTEC+DBW Hadirkan Performa Bertenaga
Setelah kita puas membahas spesifikasi Honda Jazz untuk bagian eksterior hingga interior, kini saatnya kita menilik sektor dapur pacunya. Untuk sektor performa, sebenarnya semua tipe New Jazz dibekali oleh basis mesin yang sama, yakni mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan suplai bahan bakar PGM-FI yang sanggup menghadirkan performa impresif dan bertenaga. Basis mesin pada Honda Jazz sendiri performanya sudah sangat teruji karena mobil ini sudah sering turun di lintasan balap atau slalom. Power yang dihadirkan mesin pada New Jazz sendiri sudah sangat mumpuni dengan sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 88 Kw (120 PS)/6.600 rpm dan juga torsi maksimal 14,8 kg.m (145Nm)4.800 rpm. Selain sanggup memberikan performa unggul, mesin Honda Jazz juga terkenal irit berkat penerapan teknologi Drive by Wire (DBW) yang menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve untuk akselerasi yang lebih presisi namun tetap irit bahan bakar. Sedangkan untuk penggeraknya sendiri, Honda Jazz menggunakan penggerak roda depan yang terpadu dalam dua transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Untuk New Jazz bertransmisi otomatis mengusung mesin jenis CVT lengkap dengan teknologi Earth Dreams Technology untuk menghasilkan perpindahan transmisi lebih halus dan performa mesin yang maksimal. Jika menilik spesifikasi Honda Jazz pada ruang dapur pacunya, tak salah jika mobil ini mendapat predikat sebagai salah satu mobil paling bertenaga di kelasnya.

Fitur

Fitur Keamanan dan Keselamatan Super Lengkap
Nah sekarang kita akan masuk pada segmen spesifikasi pada bagian akhir. Pada segmen ini, kita akan membahas spesifikasi Honda Jazz pada fitur-fitur pelengkapnya. Sebagai kendaraan medium hatchback berstandar global, mobil ini memang harus bisa memenuhi tiga kriteria, yakni keselamatan, kenyamanan, serta keamanan. Dimulai dari fitur keselamatan, ternyata Honda Jazz hadir dengan fitur cukup komplet. Mulai dari struktur rangka yang aman lewat G-CON + ACE, lalu ada juga beberapa fitur keamanan berstandar internasional seperti Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual SRS Front Airbags, Seatbelt Adjuster dan juga Seatbelt 3P ELR dengan Pretensioner with Load Limiter. Tak hanya menyajikan fitur keselamatan lengkap, kabin pada Honda Jazz pun juga sudah diatur agar aman untuk balita lewat penerapan jok ISOFIX dan Tether. Sedangkan fitur kenyamanan, juga tak mau kalah dengan kehadiran fitur multimedia Audio Singe Din yang tersedia pada Honda Jazz tipe A. Kemudian ada juga fitur Audio Double DIN (New Jazz S dan New Jazz CVT), 6.1 inchi Touch Screen Display (New Jazz RS dan New Jazz RS CVT), Advanced 7 inchi Audio-Video System  yang tersedia pada All New Jazz RS CVT Limited Edition. Lalu, semua tipe Honda Jazz juga sudah dilengkapi dengan MID LCD Display dan juga Auto Door Lock by Speed. Sementara untuk menunjang kenyamanan, semua tipe New Jazz juga sudah didukung dengan AC double blower. Terakhir pada fitur keamanan, New Honda Jazz sudah dilengkapi pula dengan Key Type berjenis Wave Type atau Smart Key, Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk semua tipe kecuali All New Jazz RS CVT Limited Edition. Nah, dari semua kelengkapan fitur yang ada, kita bis menyimpulkan bahwa spesifikasi Honda Jazz tak hanya memiliki desain eksterior yang keren, namun sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang juga sangat diperhatikan.

Video Honda Jazz

Berikut ini adalah official video Honda Jazz yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Honda ini

Spesifikasi Honda Jazz

ModelNew Jazz (type A & S)Jazz RSJazz CVT (type S CVT & RS CVT)All New Jazz RS CVT Limited Edition
Mesin
Tipe Mesin1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Diameter x Langkah73,0 x 88,4 mm
Isi Silinder1.497 cc
Perbandingan Kompresi10,3:1
Daya Maksimum88Kw(120PS)/6.000rpm
Torsi Maksimum14,8kgm(145Nm)/4800rpm
Dimensi
P X L X T3.965 x 1.094 x 1.524 mm
Jarak Sumbu Roda2.530 mm
Jarak Pijak Depan/Belakang1.492/1401 mm1.478/1.466 mm
Kapasitas Tangki40 L
Transmisi
Tipe Transmisi5-Speed M/TCVT
Sistem Kemudi
SistemRack & Pinion + Electric Power Steering (EPS)
Tilt & Telescopic SteeringOnly type A M/T
Suspensi
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangH-Shape Torsion Beam
Pengereman
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDrum
Kaki-kaki
Ukuran Ban176 / 65 R15185/ 55 R16176 / 65 R15 (S) – 185/ 55 R16 (RS)185/ 55 R16
VelgTrim Wheel 15″ x 5 1/2 JAlloy Wheel 15″ x 5 1/2 J (S) – Alloy Wheel 16″ x 6 J (RS)Black Alloy Wheel 16″ x 6 J

Harga Honda Jazz

Setelah kita puas membahas spesifikasinya, sekarang kita masuk ke segmen harga Honda Jazz ini. Berbicara soal harga, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nominal harga dari hatchback andalan Honda ini. Kombinasi antara desain eksterior yang stylish dan sporty, interior mewah yang esktra nyaman, serta performa mesin 1500 cc yang sangat bertenaga membuat banderol harga Honda Jazz ini menjadi sangat diperhitungkan. Honda sendiri menghadirkan enam tipe Jazz generasi ketiga ini. Dari keenam model tersebut, dibagi lagi menjadi dua versi, yakni tipe bepenggerak manual 5 percepatan dan tipe transmisi otomatis yang mengandalkan mesin CVT. Secara garis besar, basis mesin yang digunakan pada enam pilihan tipe Honda Jazz tersebut memang sama, yakni mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang memiliki kapasitas isi silinder 1497 cc. Selain mengusung mesin yang merupakan salah satu mesin paling bertenaga di kelasnya, pamor dan banderol harga Honda Jazz juga dipengaruhi oleh kelengkapan fitur serta sisi aerodinamis pada bodinya. Bahkan, versi global dari Jazz yang menggunakan basis sama, yakni Honda Fit baru saja dinobatkan sebagai compact hatchback terbaik di Amerika. Nah prestasi gemilang ini tentunya juga semakin menambah nilai jual Jazz di pasaran. Lantas, berapakah harga Honda Jazz di pasar Tanah Air?
harga honda jazz
harga honda jazz terbaru
Sesuai dengan data yang Mas Sena kutip dari laman resmi Honda Indonesia, banderol harga Honda Jazz memang disesuaikan dengan varian tipenya di mana ada lima tipe yang tersedia. Untuk harga paling murah ditempati oleh New Jazz tipe A manual yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 208 jutaan. Sementara itu di atas tipe A ada tipe S yang dijual dengan harga sekitar Rp 226,5 jutaan. Kedua All New Honda Jazz tipe A dan S ini merupakan tipe dengan transmisi manual. Meski menempati posisi sebagai varian termurah, namun dari segi eksterior serta interior dan kelengkapan fitur sudah bisa dibilang sangat bagus. Lalu di atas tipe A dan S, ada New Jazz tipe S CVT atau bertransmisi otomatis yang dijual dengan harga sekitar Rp 236,5 jutaan. Sedangkan untuk harga Honda Jazz RS yang tersedia dalam dua varian, yakni Jazz RS M/T dan Jazz RS CVT masing-masing dijual dengan harga sekitar Rp 248,5 jutaan dan Rp 258,5 jutaan. Kedua New Jazz RS tersebut merupakan tipe yang sangat digemari konsumen, terutama untuk mereka kaum muda.
Harga Honda Jazz
TipeHarga
New Honda Jazz A M/TRp. 208.000.000,-
New Honda Jazz S M/TRp. 226.500.000,-
New Honda Jazz S CVT A/TRp. 236.500.000,-
New Honda Jazz RS M/TRp. 248.500.000,-
New Honda Jazz RS CVT A/TRp. 258.500.000,-
Daftar Harga Mobil Honda
Catatan : 
  • Harga mobil Honda Jazz diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda Jazz
Nah itu tadi adalah tabel harga Honda Jazz versi terbaru. Namun perlu Mas Sena ingatkan, banderol harga tersebut merupakan harga on the road untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Apabila dicermati, banderol harga Honda Jazz ini memang masih sangat kompetitif, terutama untuk pasar hatchback. Tak bisa dipungkiri, All New Jazz ini akan mendapatkan saingan dari dua seteru klasiknya, yakni Toyota Yaris dan juga Suzuki Swift yang masing-masing sudah menelurkan versi terbarunya juga. Khusus untuk Jazz, hatchback andalan Honda ini memang memiliki pangsa pasar yang paling besar. Hal ini semakin wajar karena selama ini Honda Jazz dianggap sebagai “raja” di kelas hatchback. Sejak versi pertama hingga kini generasi ketiga, Honda secara konsisten mampu memberikan sentuhan baru pada tiap generasi keluarga Jazz. Kini, dengan banderol harga Honda Jazz yang sangat kompetitif disertai semakin kayanya fitur interior dan eksterior, Honda siap kembali menempati singgasananya di segmen compact hatchback Tanah Air.

0 comments:

Post a Comment

 
Top